🏠BERANDA📰 BERITA / 16 Juli 2024


Mengenal Sekolahnya Lewat MPLS - Hari Kedua MPLS SMKN 1 Blitar

JURNALIS SMKN 1 BLITAR - Admin  AB

Materi Kesiswaan oleh Bapak Edi Suroso
Ekstra Karawitan menampilkan Tari Golek Ayun Ayun
Para siswa mengunjungi bengkel mereka untuk pertama kalinya.

Selasa, 16 Juli 2024 - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMKN 1 Blitar terus berlangsung dengan penuh semangat pada hari kedua. Hari ini, murid baru mengikuti berbagai kegiatan yang dirancang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang sekolah dan membangun rasa kebersamaan. Dibuka dengan apel pagi pukul 07.00. Siswa-siswi baru menjadi petugas apel, dengan Bapak Mokhamad Agus Bastomi, S.Pd., Waka Kurikulum sebagai pembinanya. Apel pagi ini berisi pemberitahuan tata tertib dan pembagian kelas ganjil genap. Di artikel ini, Jurnalis Artekba  tidak begitu mengikuti kegiatan kelas genap, tapi kami akan menguliknya besok bersama kelas ganjil.

Setelah upacara selesai siswa-siswi melanjutkan kegiatan di aula, berupa materi penjelasan mengenai program kesiswaan dan masalah tata tertib sekolah disampaikan oleh Pak Edi Suroso. Mereka juga berkesempatan untuk menyaksikan berbagai demonstrasi dari berbagai ekstrakurikuler yang aktif di sekolah ini. Mulai dari Forsa, PKS, PMR, Karawitan, Jurnalistik, Paskibra, dan yang terakhir Pramuka. Setiap ekstrakurikuler memperlihatkan keunikan dan kekompakan mereka dalam mempromosikan ekstrakurikulernya. Setelah demostrasi selesai, siswa-siswi diberikan waktu istirahat. Beberapa dari mereka memilih beristirahat dengan memakan bekal dan mengobrol dengan siswa-siswi lain. Satu murid kelas 10 setelah menonton demos ekstra mengatakan bahwa tertarik dengan ekstra Paski yang menampilkan baris berbaris. Ada juga beberapa yang tertarik bergabung dengan PKS untuk meningkatkan ketertiban, dan menambah kedisiplinan. (reels Instagram @jurnalistiksmekensa)

Setelah istirahat pertama selesai, siswa-siswi mengikuti sesi orientasi bengkel yang dipandu oleh guru pendamping dan OSIS dari berbagai bidang kejuruan. Mereka diperkenalkan dengan fasilitas-fasilitas bengkel seperti mesin dan alat-alat yang lain, serta diberikan penjelasan tentang fungsi dan kegunaannya. Yang dimana terdiri dari bengkel Bangunan, Otomotif, Mesin, Elektro, Listrik, TJKT, dan Broadcasting. Kegiatan dilanjutkan dengan Ishoma di mana mereka bisa memanfaatkan waktu untuk beribadah, memakan bekal, atau sekedar berkeliling sekolah.

MPLS hari kedua ini ditutup dengan apel siang  dan evaluasi dari pembina upacara Bapak Agus Triyanto, S.Pd. Beliau menyampaikan bahwa para peserta MPLS harus cepat beradaptasi dengan sekolah dari proses pembelajaran atau kebiasaan yang ada, beliau juga menyampaikan tentang sikap tata tertib dan aturan-aturan berkendara di dalam sekolah. Apel siang berakhir  pukul 13.30. 


Fotografer : Aqil, Aura, Septi

Reporter : Tari, Septi

#Artikel