🏠BERANDA📰 BERITA / 14 FEBRUARI 2022


7 Nominasi Berhasil Diraih SMKN 1 Blitar 

JURNALIS SMKN 1 BLITAR - Admin  Y

LKS (Lomba Kompetensi Siswa) 2022 tingkat Jawa Timur terbagi menjadi 4 Wilayah Kerja atau yang disingkat dengan Wilker. Kali ini Lomba Kompetensi Siswa Wilker 3 dituanrumahi oleh wilayah Blitar Raya. Lomba dibuka pada hari Minggu , 6 Febuari 2022 oleh bapak Wahid Wahyudi selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Gedung Kesenian Aryo blitar.


"LKS ini adalah event yang sangat strategis, karena LKS ini memberikan ruang, memberikan wadah bagi para siswa SMK untuk berkompetensi membangun jiwa untuk memiliki daya saing, dan tentu memiliki multi dampak dari sebuah pagelaran LKS," ujar bapak Wahid Wahyudi pada pidato pembukaan.


Pembukaan berlangsung sangat meriah dan menarik meskipun dalam masa pandemi covid-19 ini, tetapi seluruh orang yang hadir mematuhi protocol kesehatan yang ada. Tak lama setelah pembukaan selesai, bapak Wahid Wahyudi mengunjungi SMKN 1 Blitar untuk berkeliling dan melihat pelaksanaan lomba automobile technology di Departemen Otomotif.


Meskipun perlombaan berjalan cukup lama hingga menjelang sore hari, tampak antusias peserta tidak kendur. Lomba pun akan dilanjutkan pada hari esoknya, serta dimungkinkan akan berakhir sampai hari Selasa 8 Februari 2022. Memasuki hari kedua Senin (7/2) seluruh lomba di lingkungan SMKN 1 Blitar sudah mulai dilaksanakan, seperti Industrical Control, Electrical Installation, Refrigeration & AC, serta Chemistry.


Lomba berlangsung hingga menjelang sore hari, dan untuk membantu penyediaan konsumsi untuk para guru pembimbing dan peserta lomba, ada siswa dan siswi dari departemen listrik yang berjualan ditemani dengan guru PKWU. Mereka berjualan dari pagi hingga acara selesai menyajikan makanan berat, camilan, hingga minuman seperti kopi hangat dan teh hangat. Kegiatan yang diprakarsai guru KWU ini semakin memeriahkan suasana LKS di SMKN 1 Blitar.


Dan pada hari kedua yaitu Selasa (8/2) tim jurnalis Artekba meliput kegiatan LKS ke SMKN 1 Kademangan untuk menambah informasi terkait Lomba Kompetensi Siswa ini. Di sana didapatkan informasi seperti beberapa bidang lomba yang dilombakan, yaitu diantaranya : Agronomy; Landscaping and Gardening, Fishery, Web Technologies, Marketing Online, & Life Stock. Sebenarnya ada 50 bidang lomba yang dilaksanakan yang tersebar di seluruh SMK se-Blitar Raya, seperti: SMK Islam 1 Blitar, SMKN 2 Blitar, SMKN 3 Blitar, SMKN 1 Nglegok, SMKN 1 Udanawu, SMK PGRI Wlingi, dll.


Hambatan dalam pelatihan dan persiapan pasti ada bagi setiap sekolah, entah itu dari segi alat, kemampuan siswa, maupun materi. "Untuk landscaping hambatannya ada alat, kemampuan dan bahan. Karena landscaping itu bukan mata pelajaran yang diajarkan jadi sifatnya umum bisa diikuti oleh semua jurusan. Kami kebetulan jurusan ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura) kalau di landscaping hanya tentang menanam tanaman hiasnya, kalau masalah desain dan gambar kami tidak ada. Mungkin salah satu kendalanya disitu." Ujar ibu Saraswati selaku guru pembimbing SMKN 1 Tulungagung.


Sedangkan menurut keterangan peserta, beberapa dari mereka ada yang memiliki kendala seperti perasaan nervous sebelum tampil bahkan hingga permasalahan seperti hal yang dilombakan tidak sesuai dugaan mereka, tetapi selain itu untuk keseluruhan mereka berhasil melaksanakan lomba dengan baik.


Sebagian besar lomba telah selesai dan sudah diketahui pemenang lomba yang akan menuju ke tingkat selanjutnya dihari itu juga. Salah satu diantaranya yaitu Moch. Robert Irfan Amrullah berasal dari kelas XII TKRO 3 SMKN 1 Blitar berhasil meraih juara pertama di bidang Automobile Technology. Untuk mencapai kemenangannya tersebut Robert mengatakan telah menghabiskan waktu sekitar 3 bulan untuk persiapan dan pelatihan dirinya.


Lalu apa yang memotivasi Robert atas keberhasilannya dalam memenangkan lomba tersebut? "Kalau motivasi saya pribadi dari lomba tersebut yang pertama untuk membawa nama baik smk (SMKN 1 Blitar) untuk menjadi lebih baik, yang kedua untuk membanggakan Bapak Ibu Guru serta Orang Tua, dan yang ketiga untuk menjadi bekal dimasa depan." Rabu (9/02/2022)


Tak hanya Robert saja yang berhasil masuk nominasi 5 besar mewakili SMKN 1 Blitar untuk maju ketingkat provinsi diantaranya ada Steven Anugrah Sugiharto Widoyo bidang Plumbing & Heating, Muhammad Fihdan Wardaya Wiladi bidang Cabinet Making, Muhamad Mahmud Asnawi bidang Wall and Floor Tilling, Muhammad Irfan Ramadan bidang Refrigation & Air Conditioning, Helvi Putra Widanto bidang Metrology, dan Muhamad Amri pada bidang Prototipy Modeling.


Dengan demikian, SMKN 1 Blitar dari 16 Bidang Lomba yang diikuti, berhasil menghantarkan 7 nominator bidang lomba untuk maju ke tingkat Provinsi Jawa Timur yang sedianya akan diselenggarakan pada bulan Maret mendatang. (Tim Jurnalis Artekba) 


Tautan terkait 🔗

https://smkn1blitar.sch.id/berita-detail.php?id=WllseVhZVGZrM0xVRTU5YlBWaFgrUT09

#Berita